Jumat, 04 Januari 2013

RJ 45

Bagi seorang pekerja IT, apalagi kalau dia seorang Network Administrator, merakit kabel jaringan merupakan hal mutlak dan mendasar untuk diketahui. Karena bisa dikatakan, di-era networking saat ini, penggunaan kabel jaringan sangat diperlukan, meskipun teknologi wireless sudah semakin banyak dipergunakan, tetapi bagi sebagian besar pengguna jaringan, pemakaian kabel jaringan lebih dipilih daripada jaringan nirkabel.

Hal ini disebabkan karena tingkat kecepatan dari kabel yang rata – rata sekitar 100 Mbps atau kurang, masih lebih tinggi daripada menggunakan teknologi wireless yang kecepatannya rata – rata berkisar 54 Mbps atau kurang. Ditambah lagi dengan tingkat stabilitasnya. Meskipun waktu pengerjaannya jadi bertambah.
Berikut ini kita akan mempelajari bagaimana merakit sendiri kabel jaringan, yang dilakukan sendiri. Jadi, mungkin suatu saat nanti, jika membutuhkan kabel jaringan, kita bisa membuatnya sendiri dan tidak perlu lagi memanggil seorang network administrator untuk melakukannya.

Kabel Network terdiri atas 2 jenis yaitu Straight-through Cable dan Crossover Cable. Tujuan dan penggunaannya sama, hanya berbeda pada orientasinya saja, Straight Cable digunakan untuk menghubungkan beberapa client dengan menggunakan bantuan hub atau switch sebagai network manager. Sedangkan Crossover Cable, dapat digunakan untuk menghubungkan 2 unit client secara langsung, ataupun menghubungkan single computer dengan router.

Susunnan kabel-kabel warna Rj 45 sebagai berikut:
Straight-through Cable 
sama untuk kedua ujungnya dengan urutan [Putih Orange - Orange - Putih Hijau - Biru - Putih Biru - Hijau - Putih Coklat - Coklat], seperti:

sedangkan pada 
Crossover Cable
ujung yang satu memiliki urutan yang berbeda, [Putih Orange - Orange - Putih Hijau - Biru - Putih Biru - Hijau - Putih Coklat - Coklat] dan pada ujung yang satu lagi, [Putih Hijau - Hijau - Putih Orang - Putih Coklat - Coklat - Orange - Biru - Putih Biru]. seperti:

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru
 

Popular Template

Trending Template

Copyright © 2012. Catatan Kecilku - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz