Jumat, 04 Januari 2013

Cara membuat dropdown list excel

Pernahkah Anda bekerja dengan Microsoft Excel dan harus mengisi Cell dengan data yang terbatas? data yang dimaksud diatas misalnya nama bulan, nama hari, data tanggal, dan data lainya yang telah ditentukan. Data yang tebatas tersebut akan lebih mudah diisi ke dalam Cell jika dibuat dalam bentuk Drop Down List. Seperti dalam gambar berikut :




Cara Membuat Drop Down List seperti diatas adalah dengan menggunakan Data Validation yaitu fasilitas Microsoft Excel untuk membatasi isian suatu sel atau range. Berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Buka lembar kerja Microsoft Excel baru
  2. Buatlah data seperti gambar diatas yaitu dengan mengetikkan nama-nama hari pada range B5:B11 dan kalimat "Anda Memilih Hari" pada sel D5
  3. Letakkan posisi kursor pada sel E5, kemudian klik tab ribbon Data dan pada grup Data Tools pilih Data Validation sehingga muncul Dialog Box Data Validation seperti berikut :
  4. Pada Field Allow, klik tanda panah ke bawah (drop-down) dan pilih List.
  5. Pada Field Source, klik tombol pencari dan pilih data range yang telah diketik (B5:B11). Jika langkah 4 dan langkah 5 telah Anda lakukan dengan benar maka tampilannya akan seperti berikut :
  6. Klik OK

Jika Anda ingin membuat drop-down list seperti diatas pada Sheet yang lain, sebaiknya Anda terlebih dahulu memberi nama range atas data nama-nama hari tersebut. Caranya:
  1. Blok range B5:B11 kemudian klik kanan pada area tersebut,

  2. Pilih Name a range sehingga muncul dialog box New Name,

  3. Lihat pada Field Name, secara default akan tampil data pada baris pertama (Senin). Jika Anda ingin memberi nama range data tersebut dengan Hari, maka ganti kata Senin dengan Hari.
  4. Klik OK, Selesai

Jika Range B5:B11 telah di beri nama, maka jika Anda ingin membuat drop down list atas data tersebut di sheet lain, lakukan Langkah 1 sampai dengan langkah 6 seperti diatas dan untuk langkah 5 pada field Source, Anda tidak perlu melakukan pencarian data tapi cukup mengisi field Source tersebut dengan =namarange dalam hal ini =Hari. Sehingga langkah 5 tampilannya akan seperti berikut :

Selamat Mencoba yah.... :-D

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Popular Template

Trending Template

Copyright © 2012. Catatan Kecilku - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz