Minggu, 20 Januari 2013

2 Cara Menyembunyikan Folder dengan Cepat dan Aman

Setiap orang pasti memiliki rahasia, tidak terkecuali para pengguna komputer. Jika anda memiliki folder yang tidak ingin diakses oleh orang lain, berikut ini saya berikan 2 cara menyembunyikan folder yang mudah dan aman. Semua cara menyembunyikan folder dibawah ini bisa anda lakukan secara gratis! Tanpa berlama-lama lagi..mari kita kupas caranya satu per satu :
1. Cara menyembunyikan folder dengan WinMend Folder Hidden
Dari berbagai software untuk menyembunyikan folder gratis, saya memilih WinMend Folder Hidden karena kecepatan, kemudahan dan keamanannya. WinMend Folder Hidden bisa digunakan untuk menyembunyikan folder dengan sangat cepat, berapapun banyaknya file dan ukuran folder tersebut. Selain itu WinMend Folder Hidden juga bisa digunakan untuk menyembunyikan folder yang ada di Flash Disk atau media penyimpanan eksternal lainnya.
Download WinMend Folder Hidden [2.15 MB]
Homepage WinMend Folder Hidden
Saat pertama kali anda jalankan, WinMend Folder Hidden akan meminta anda untuk memasukkan password.
Cara menyembunyikan folder dengan WinMend Folder Hidden

Setelah itu anda sudah langsung bisa memilih folder atau file yang ingin anda sembunyikan. Klik Hide Folder untuk memilih folder.
Cara menyembunyikan folder dengan WinMend Folder Hidden
Folder yang anda pilih akan tersembunyi secara instan! Untuk memunculkannya lagi, pilih folder tersebut dan klik Unhide.
Cara menyembunyikan folder dengan WinMend Folder Hidden
Mudah dan cepat sekali kan? Cara ini merupakan cara menyembunyikan folder yang menjadi favorit saya.
2. Cara merekayasa folder menjadi gambar
Cara ini termasuk cara yang jarang digunakan, tetapi lumayan ampuh untuk mengelabui orang yang hobby melihat folder rahasia kita. Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan folder dibalik sebuah gambar. Orang lain akan melihat file gambar tersebut sebagai file gambar biasa. Padahal itu sebenarnya adalah folder yang telah kita sembunyikan. Untuk melakukannya, diperlukan sebuah software gratis yaitu Hide Behind Image
Download Hide in Picture
NB : beberapa antivirus menganggap aplikasi ini adalah virus, jangan khawatir karena itu adalah false positive. Saya menjamin bahwa Hide Behind Image 100% bebas virus.
Untuk menggunakannya cukup install Hide Behind Image dan kemudian jalankan (pastikan anda menjalankannya dalam perintah Run as Administrator)
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Pastikan compress terlebih dahulu folder yang ingin anda sembunyikan. Compress dengan winzip atau winrar menjadi sehingga berformat .zip
Klik “Select File” disamping menu “Select Output File”, kemudian beri nama file output sesuai dengan nama yang anda inginkan.
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Klik “Select File” disamping menu “Select Image File”, kemudian pilih gambar yang ingin anda jadikan sebagai rekayasa
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Klik “Select File” disamping menu “Select the Compressed File”, kemudian pilih file .zip dari folder yang ingin anda sembunyikan.
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Klik “Hide” dan folder anda sudah disembunyikan dibalik sebuah gambar.
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Lihat saja, secara kasat mata tampak bahwa file tersebut adalah gambar biasa..bahkan ketika di double klik pun tampak seperti gambar biasa, tetapi sebenarnya itu adalah .zip dari folder yang anda sembunyikan.
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Untuk mengakses file aslinya, anda bisa membukanya menggunakan WinZip atau WinRar. Cukup Klik Kanan => Open With => WinZip / Winrar. Anda juga bisa mengekstraknya menggunakan kedua software tersebut.
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Cara merekayasa folder menjadi gambar
Cara menyembunyikan folder dengan Hide Behind Image ini bisa anda manfaatkan untuk bertukar file secara rahasia dengan teman anda. Seolah-olah anda hanya memberikan file gambar, padahal itu sebenarnya adalah folder rahasia anda.
Sayangnya jika folder yang anda sembunyikan ukurannya terlalu besar, katakanlah 5 GB, maka akan terlalu mencurigakan jika 1 file gambar memiliki ukuran 5 GB. Dengan alasan tersebut, maka trik ini hanya ampuh untuk menyembunyikan file/folder yang berukuran kecil.
Cukup panjang juga ya ternyata artikel saya kali ini ^^
Semoga saja 2 cara menyembunyikan folder dengan cepat dan aman ini bisa bermanfaat bagi anda.
Jika anda punya cara lain untuk menyembunyikan folder, silahkan di share melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Popular Template

Trending Template

Copyright © 2012. Catatan Kecilku - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz